Kamis, 10 Juni 2010

Raja Gol di ISL dan PI


Cristian Gonzales gagal mempertahankan gelar pencetak gol tersuburnya di Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010. Striker berjuluk "El Loco" ini "hanya" menyumbangkan 18 gol buat Persib Bandung. Ia tertinggal 1 gol dari striker asal Paraguay yang bermain di Bontang FC, Francisco Aldo Barreto. Kendati demikian, Gonzales tetap memegang rekor sebagai pencetak gol tersubur sepanjang sejarah Liga Indonesia (LI) dengan 164 gol.

Selain di LI/LSI, Gonzales juga ternyata menjadi pencetak gol tersubur di pentas Piala Indonesia. Sejak ajang ini digulirkan pada tahun 2005, striker berpaspor Uruguay ini memang belum pernah menjadi top scorer, tapi Gonzales sudah mengoleksi gol terbanyak yaitu 25 gol, mengungguli koleksi gol Boaz Salossa (Persipura) dan Emaleu Serge (Persija) yang mengoleksi 17 gol.

Para pemain lain yang masuk dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Indonesia adalah Anoure Obiora (Sriwijaya FC/16 gol), Saktiawan Sinaga (Persik/16), Javier Roca (Persidafon/15), Alberto Goncalves (Persipura/11), Cristian Carrasco (PSM/11), Danillo Fernando (Persisam Putra/11), dan Varney Pas Boakay (Gresik United/11).

Sukses Gonzales memimpin daftar pencetak gol tersubur sepanjang sejarah Piala Indonesia ini adalah berkat 10 gol yang dicetaknya pada Piala Indonesia 2010. Selain mengantarkan Persib lolos ke babak 8 Besar, Gonzales berpeluang besar meraih trofi "sepatu emas" pertamanya di Piala Indonesia.

Yang menjadi pesaing Gonzales dalam perburuan gelar top scorer Piala Indonesia musim ini tinggal Saktiawan Sinaga (Persik Kediri) dengan koleksi 7 gol. Di atas Saktiawan sebenarnya ada duet Persisam Putra Samarinda, Pipat Thonkanya (9 gol) dan Zaenal Arief (8), tapi tim keduanya sudah tersingkir.

Sumber: www.klik-galamedia.com
Kamis, 10 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar