Senin, 07 Juni 2010

Persib Harus Punya Direktur Teknis


Berkaca pada hasil Liga Super Indonesia 2009/2010 lalu, Persib Bandung disarankan untuk memiliki direktur teknis (dirtek). Posisi ini diharapkan dapat memberikan masukan dan membantu tugas pelatih.

Menurut mantan pemain Persib Bandung, Bambang Sukowiyono, pada musim lalu, konsistensi bermain Persib sangat labil. Padahal Persib dihuni sejumlah pemain timnas Indonesia dan para pemain berkualitas lainnya. Namun tidak ada analisis yang tajam tentang penyebab lemahnya konsistensi tersebut.

"Direktur teknis bisa memberikan analisis tentang hal itu. Sehingga bisa memberikan masukan kepada pelatih dan manajemen untuk mencarikan jalan keluarnya," ujar Suko di Stadion Persib Bandung, Jln. Ahmad Yani, Minggu (6/6).

Suko mengatakan, pada musim lalu Persib hanya bertumpu pada pelatih Jaya Hartono dan dua asisten, Robby Darwis dan Yusuf Bachtiar. Saat Persib berada di atas, ketiganya dipastikan berpendapat sama tentang tim. Namun di saat Persib terpuruk, diperkirakan ada perbedaan pendapat di antara ketiganya. Kehadiran direktur teknis, lanjutnya, bisa memberikan pandangan secara lebih jernih untuk tim pelatih. Karena tugasnya terus-menerus mengidentifikasi Persib sepanjang musim.

"Namun dengan catatan, posisi direktur teknis ini harus diisi orang yang memiliki pengetahuan, wawasan tentang sepak bola, dan berintegritas tinggi. Seorang direktur teknis tidak boleh memiliki kepentingan pribadi," lanjutnya.

Sumber: www.klik-galamedia.com
Senin, 7 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar