Selasa, 08 Juni 2010

27 Pemain Akan Ikuti Seleksi Timnas Wilayah Barat


Sebanyak 27 pemain dari 9 klub akan mengikuti pemantauan tim nasional wilayah Barat yang digelar Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Selasa (8/6) di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Termasuk tiga pemain Arema Benny Wahyudi, M Fakhrudin, serta Ahmad Bastomi yang berhalangan mengikuti seleksi wilayah Timur minggu lalu.

Dari 27 nama tersebut Persib menyertakan enam pemainnya yakni Markus Harris Mualana, Nova Arianto, Maman Abdurahman, Hariono, Atep, dan Eka Ramdani. Kecuali Hariono, lima pemain Persib kemarin sempat berlaga di "Perang Bintang" Liga Super Indonesia (LSI) di Malang. Senin (7/6) pagi mereka langsung bertolak ke Jakarta dari Malang.

Selain ke enam pemain Persib ada juga tujuh pemain Sriwijaya FC, yakni Ferry Rotinsulu, Oktavianus, Ambrizal, Arif Suyono, Ponaryo Astaman, Toni Sucipto, dan M. Nasuha. Sisanya, M. Ridwan, Supardi, Dian Agus Prasetyo, Jajang Mualana (Pelita Jaya), M. Roby, Ahmad Sembiring (Persisam), Bambang Pamungkas, Firman Utina, M. Ilham (Persija), M. Isnaini (PSPS Pekanbaru), serta Tantan (Persitara).

Seleksi akan diadakan pada dua sesi yakni pukul 07.00 WIB dan 15.00 WIB. Para pemain ini akan dites dengan menerapkan latihan teknik, fisik, serta game dalam dua hari tersebut.

Sayangnya, dari 27 pemain yang dipanggil dipastikan ada beberapa pemain yang tidak akan mengikuti tes tersebut karena cedera. Mereka yakni, Arif Suyono dan Oktavianus, serta Tantan. Arif mengalami cedera hamstring dan diharuskan beristirahat selama dua pekan, sedangkan Oktavianus dan Tantan mengalami cedera lutut. Namun, kendati cedera mereka memastikan diri akan hadir di Jakarta.

Sebelumnya, Badan Tim nasional (BTN) PSSI telah menggelar seleksi untuk Wilayah Timur. Seleksi yang digelar di Makassar pada 2-3 Juni lalu diikuti oleh 21 pemain. Hasilnya? Pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl mengaku kecewa dengan kualitas pemain Indonesia. Dia melihat kualitas teknik dasar para pemain jauh lebih buruk dibanding pemain Vietnam yang dulu dilatihnya.

"Saya membutuhkan pemain dengan kualitas tinggi. Untuk kategori pemain senior, pemain ikut seleksi wilayah Timur tidak memiliki teknik dasar permainan yang bagus, jauh dari Vietnam," ungkapnya.

Para pemain yang terjaring nanti akan difokuskan untuk persiapan AFF Cup setelah jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia diundur. Seyogyanya Kualifikasi PD digelar pada 8-12 Oktober mendatang. Namun, FIFA kemudian mengundurnya hingga pertengahan 2011. Sementara Piala AFF rencananya akan digelar pada pertengahan Desember ini.

Pemain Timnas Asal Persib Lelah
Kelelahan membayangi pemain Persib Bandung yang dipanggil seleksi timnas sekaligus Perang Bintang Djarum Liga Super Indonesia (DLSI) 2009-2010.

Pasalnya, Eka Ramdani dkk yang baru saja memperkuat tim All Star DLSI, Minggu (6/6) lalu harus menjalani seleksi pemain timnas wilayah Barat di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (8/6) ini.

Eka yang dihubungi, Senin (7/6) malam mengakui, dirinya tidak melakukan persiapan khusus apapun dalam menghadapi seleksi latihan Selasa pagi ini. Sementara itu, Senin malam ia masih berada dalam perjalanan pulang dari Malang menuju Jakarta.

"Dengan kondisi seperti ini saya jadi merasa tidak yakin, tetapi saya masih berharap masuk timnas kembali. Saya sangat antusias untuk menjalani seleksi nanti," katanya.

Menurut lelaki kelahiran 18 Juni 1984 itu, kelelahan tidak hanya dialami oleh dirinya. Pemain lain yang terlibat dalam "Perang Bintang" dan seleksi timnas mengalami hal serupa.

Sementara itu, Atep yang juga terpanggil dalam tim All-Star, mengaku tidak melakukan persiapan apapun.

Selain Eka dan Atep, pemain Persib yang terlibat dua kegiatan tersebut yaitu Makus Harison, Maman Abdurahman, dan Nova Arianto. Sementara itu, Hariono yang tidak terpanggil dalam tim All-Star sudah berada di Jakarta.

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar