Selasa, 08 Juni 2010

Persib Kolektor Kartu Merah Terbanyak


Menjelang kick-off Perang Bintang 2010, PT Liga Indonesia (LI) mengumumkan Sriwijaya FC Palembang berhak mendapatkan Fair Play Award sebagai tim paling fair play pada Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010. Yang menjadi ukuran PT LI dalam pemilihan tim paling fair play ini adalah tingkat sportivitas serta bobot hukuman yang pernah diterima setiap tim sepanjang musim.

Untuk mengukur tingkat sportivitas setiap tim, cara yang paling gampang adalah dengan melihat jumlah kartu kuning dan kartu merah yang didapatkan para pemainnya dalam 34 laga yang dimainkan. Nah, Sriwijaya FC menjadi tim paling sedikit mengoleksi hukuman kartu, yaitu 35 kartu kuning dan 1 kartu merah. Kalau dilakukan pembobotan hukuman, 1 untuk kartu kuning dan 3 untuk kartu merah, bobot hukuman "Laskar Wong Kito" sepanjang musim ada di angka 38.

Lalu, di mana posisi Persib? Berdasarkan rekap hukuman kartu yang diolah "GM" dari situs resmi PT LI, Persib berada di peringkat ke-8 klasemen akhir Fair Play Award dengan bobot hukuman 52. Jumlah kartu kuning yang dikoleksi para pemain Persib sebenarnya "cuma" 40. Tapi, yang membuat posisi Persib terperosok ke peringkat 8 adalah jumlah kartu merahnya. Dari 18 tim yang bertarung di LSI 2009/2010, Persib merupakan klub yang paling banyak mendapatkan kartu merah, yaitu 4 kali.

Keempat pemain Persib yang terpaksa diusir wasit pada musim ini adalah Hariono pada laga pembuka melawan Persiba Balikpapan di Stadion Persiba Balikpapan, 11 Oktober 2009, Hilton Moreira saat menahan imbang Arema Indonesia di Stadion Kanjuruhan Malang, 19 Desember 2009, Budi Sudarsono ketika Persib kalah 1-2 dari Persitara Jakarta Utara di Stadion Soemantri Brodjonegoro Jakarta, 28 April 2010, dan Cristian Rene Martinez saat Persib menjamu Persipura Jayapura di Stadion Siliwangi Bandung, 2 Mei 2010.

Secara keseluruhan, Hariono menjadi penyumbang kartu terbanyak buat Persib dengan 7 kartu kuning dan 1 kartu merah. Disusul Cristian Rene dengan 5 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Sumber: www.klik-galamedia.com
Selasa, 8 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar