Senin, 07 Juni 2010

Babak 8 Besar Piala Indonesia Gunakan Format Home & Away


Babak delapan besar Piala Indonesia (PI) 2009/2010 digelar dengan format home and away. Format ini disetujui oleh delapan perwakilan klub yang lolos saat technical meeting "8 besar" PI di Stadion Kanjuruhan, Minggu (6/6), sebelum laga Perang Bintang Liga Super Indonesia.

CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono mengungkapkan, perubahan format ini agar klub peserta "8 besar" bisa memperoleh pemasukan dari penjualan tiket. Selama ini, menurut Joko, distribusi pendapatan hanya menjadi milik tim pelaksana pertandingan meski mereka juga menanggung beban akomodasi peserta lainnya.

”Kami ingin klub juga mendapatkan pemasukan lebih, karena untuk musim ini, tinggal laga Piala Indonesia yang menjadi sumber pemasukan karena Liga Super telah berakhir Mei lalu. Pasti ada value yang bisa diambil klub tuan rumah sehingga bisa sedikit membantu keuangan mereka saat ini," ujar Joko sebelum laga Perang Bintang di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (6/6).

Pemasukan dari tiket ini, kata Joko, bukan lagi merupakan suplemen, namun justru sekarang menjadi pemasukan klub terbesar. "Terutama untuk klub yang memiliki pendukung yang besar seperti Persib, Persija, Arema, dan Persebaya. Misalnya Arema, pendapatan terbesar mereka justru berasal dari tiket yang mencapai Rp 10 miliar atau 50% dari total kebutuhan klub," imbuhnya.

Seperti yang diketahui, pada babak 32 besar dan 16 besar, format pertandingan yang digunakan adalah home tournament. Ada empat tempat yang menjadi venue terakhir di babak 16 besar, yakni Palembang, Malang, Surabaya, dan Jayapura.

Babak delapan besar Piala Indonesia yang akan digelar pada 15-26 Juli akan diikuti oleh Persipura Jayapura, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persiwa Wamena, Pelita Jaya, Persik Kediri, dan dua tim terakhir yang lolos yaitu Persija Jakarta setelah di laga terakhir 16 besar menang 1-0 atas Persisam Samarinda dan Sriwijaya FC usai mencundangi PSMP Mojokerto Putra 10-0.

"Meski tidak sekali main, namun babak delapan besar tetap akan menganut sistem gugur. Pola migrasi klub tidak akan terganggu kendati hanya ada waktu sepekan untuk menjalankan delapan besar. Pemain tetap mendapatkan waktu istirahat cukup," kata Joko. Pengundian babak "8 besar" sendiri rencananya akan di Jakarta pada 1 Juli mendatang.

Sumber: www.pikiran-rakyat.com
Senin, 7 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar