Selasa, 15 Juni 2010

Kondisi Fisik Pemain Persib Turun 20 Persen


Libur panjang selama 2 pekan ternyata membuat kondisi fisik pemain menurun. Saat dilakukan program latihan fisik umum yang dilakukan pada Senin (14/6) pagi, kondisi fisik sebagian besar pemain hanya mencapai 80-90 persen atau menurun sekitar 10-20 persen dari kondisi fisik ideal.

Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih fisik Persib, Entang Hermanu, seusai memantau kondisi kebugaran seluruh pemain paska libur kompetisi.

"Menurunnya tidak terlalu drastis, tidak terlalu drop, masih dalam tahapan wajar. Kalau dihitung dalam prosentase, kondisi pemain mencapai 80-90 persen," jelasnya.

Dijelaskan Entang, penurunan tersebut cukup wajar karena setiap pemain saat tenaganya disimpan dalam dua minggu sudah tentu akan mengalami penurunan kebugaran. Jika tak diimbangi dengan latihan fisik ringan selama liburan, kata Entang, mungkin kondisi fisik pemain akan menurun cukup drastis.

Sentuhan Kaki ke Kaki Sedikit Berkurang
Bukan hanya kondisi fisik pemain saja yang berkurang, namun sentuhan-sentuhan pemain di lapangan pun mengalami penurunan. Sentuhan bola dari kaki ke kaki yang menjadi ciri khas Persib sedikit berkurang.

Namun menurut asisten pelatih Persib Yusuf Bahtiar, kondisi tersebut masih wajar. "Mereka kan libur dua minggu, jadi otot-otot di kaki menjadi kaku dan tegang. Hal ini mengakibatkan sentuhan-sentuhan terhadap bola berkurang," kata Yusuf yang menggantikan sementara posisi Robby sebagai pelatih tim Maung Bandung

Dikatakan Yusuf, berkurangnya sentuhan-sentuhan tersebut sangat terlihat dari sesi gim kecil yang dilakukan dalam latihan perdana Senin (14/6) pagi. Yusuf menilai pemain banyak kehilangan bola atau salah dalam mengontrol bola.

"Saya kira itu hal yang biasa saja bagi setiap pemain yang libur berlatih. Feeling mereka akan bola berkurang sehingga banyak melakukan kesalahan. Tapi hal itu bisa segera dimaksimalkan lagi dalam beberapa kali latihan ke depan," tambah Yusuf.

Yusuf menambahkan program latihan menghadapi Piala Indonesia akan ditekankan pada pemulihan kondisi fisik dan kerja sama tim.

Sumber: www.tribunjabar.co.id
Senin, 14 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar