Jumat, 25 Juni 2010

Tiket via SMS Tekan Kebocoran


Pemesanan tiket via SMS bisa menekan tingkat kebocoran tiket yang selama ini banyak merugikan Persib. Setiap laga Persib digelar di Stadion Si Jalak Harupat atau Stadion Siliwangi kebocoran tiket ini bisa dengan jelas terlihat.

Bayangkan setiap pertandingan Persib, tribun penonton selalu dijejali oleh bobotoh bahkan dalam pertandingan big match melawan tim elit LSI, kapasitas stadion tidak bisa menampung lagi jumlah penonton.

Bahkan beberapa penonton yang memegang tiket tidak bisa masuk ke dalam stadion karena pintu masuk sudah ditutup panpel dikarenakan jumlah penonton di dalam stadion sudah benar-benar penuh.

Tapi setiap hal itu terjadi, jumlah tiket yang terjual justru tak sesuai dengan harapan. Tiket masih banyak yang belum terjual di loket-loket penjualan di stadion. Membludaknya bobotoh tak seiring dengan penjualan tiket yang justru tak terjual. Artinya stadion penuh namun masih banyak tiket yang tak terjual.

Maka dari itu penjualan tiket via SMS diharapkan menjadi solusi pendapatan Persib musim depan dari jalur tiketing. Diperkirakan pemesanan tiket via SMS bisa menekan kebocoran tiket hingga 80 persen.

Namun sistem ini akan sulit dijalankan dengan baik mengingat si pengirim pesan masih harus mengantre di loket stadion untuk menukar SMS konfirmasi dengan tiket asli. Seharusnya ada cara lain untuk menukarkan tiket tersebut.

Kelemahan lainnya yaitu kelancaran proses pengiriman pesan. Biasanya semakin banyak yang memesan lewat SMS maka akan ada keterlambatan atau kesulitan untuk membalas SMS konfirmasi. Bayangkan rata-rata jumlah bobotoh yang memadati stadion sebanyak 18 ribu artinya akan ada sebanyak itu SMS yang datang ke operator.

Meskipun ada beberapa kelemahan, namun sistem seperti ini patut untuk dicoba karena di liga elit dunia pemesanan tiket sudah bisa dilakukan dengan berbagai ragam pemesanan secara elektronik. Apalagi sistem ini baru akan dilakukan oleh Persib di Indonesia. PT PBB akan menjadi yang pertama menjalankan sistem baru penjualan tiket di Indonesia.

Direktur Marketing PT PBB, Veby Permadi, menjelaskan pemesanan tiket via SMS ini bisa menekan kebocoran tiket yang menjadi sebuah kerugian bagi Persib musim
lalu.

"Namun semuanya akan dilihat di Cirebon nanti, kalau
berjalan dengan baik maka akan kami terapkan dipertandinganªpertandingan Persib musim depan," ungkapnya.

Sumber: www.tribunjabar.co.id
Jum'at, 25 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar